Peluang Bisnis

Main Facebook Bisa Bikin Anda Ga' Bisa Tidur Dan Stress Berat?

Percaya ga' percaya, Facebook ternyata bisa membuat seseorang menjadi stress berat mikirin status dirinya atau membaca status oran lain. Padahal situs pertemanan ini "cuma" sebatas sebuah web 2.0 yang didesain oleh Mark Z. yang dibuat untuk mendekatkan kita dengan teman kita yang mungkin berbeda jarak, sehingga dengan Facebook kita bisa berkomunikasi secara real-time.

Bagi sebagian orang, bermain Facebook adalah sebuah kegiatan untuk mengisi kekosongan waktu dan menjadi bagian dari life-style mereka dengan menggunakan alat canggih (yang sekarang mungkin biasa aja tuh, namanya BB), tapi bagi "segelintir orang" yang benar-benar keranjingan facebook, facebook adalah hidup-mati mereka. Tiap detik selalu diawasi apakah statusnya dikometari teman atau tidak, apa ada yang nge-tag, fotonya dikomentari apa tidak, apa ada email masuk di FB, apa ada notifikasi baru...wah wah.

Sudah banyak kasus yang terjadi berhubungan dengan penggunaan facebook, mulai dari kasus penculikan bahkan sampai penipuan dsb. Masyarakat diminta agar bersifat "dewasa" untuk tidak menganggap facebook adalah hal yang penting harus di-kelonin selama 24 jam. Terutama bagi para siswa yang sudah sangat familiar dengan facebook. Apalagi kalau ada orang yang selalu gelisah dengan status ditulis oleh orang lain, wah kalau sudah sampai begini apa jadinya?, berarti kita telah kena syndrom kurang pede.

Terlebih ketika ada rumor facebook akan ditutup pada tanggal 15 Januari 2011 kemarin (yang ternyata hoax), udah pasti kalau bagi yang keranjingan Facebook bisa bikin deg-degan jantung mereka (makan ga nafsu, tidur ga enak, duduk salah, jalan salah.....masak iya? hehe..), pasti mereka sudah berfikir jangan-jangan beneran, waduh gimana nih, wah..wah...

Internet memang sudah mudah sekali di dapat saat ini, dengan modal beberapa ribu, orang sudah bisa mendapatkan akses di warnet atau dengan harga modem USB yang semakin murah meriah (halooo.....) saat ini, sehingga orang dengan gampang terhubung dengan dunia maya. Jadi ga usah bingung kalau anak kecil sekarang sudah punya akun di FB, padahal batas usia yang diperbolehkan adalah 17 tahun, nah lho.

Saran saya perlakukan facebook sebagai murni untuk jalinan pertemanan dan jangan sampai anda keranjingan sehingga anda susah sekali untuk tidur lebih awal pada malam hari akhirnya mesti begadang/tidur kemalaman apalagi sampai stress berat akibat kebanyakan main facebook diwaktu kerja serta bukan untuk mencurigai dan sebagainya, janganlah terlalu mengumbar hal-hal pribadi seperti alamat maupun nope (nomer hp) pada status anda yang pada akhirnya akan merugikan anda sendiri. Ingatlah bahwa kejahatan terjadi bukan karena ada pelakunya, kejahatan ada jika ada kesempatan, waspadalah...waspadalah.

Enaknya kalau main facebook sih ingat waktu, jangan sampai waktu anda terbuang percuma apalagi sampai lupa makan, lupa mandi dan lupa pacar (?), nah lho kalau begini siapa yang rugi?.
hayu,,,,semoga bermanfaat ea artikel ini!
Post a Comment