Peluang Bisnis

Peraturan Aneh Telkomsel


Awal mula menggunakan chip mkios saya begitu puas, namun lama kelamaan telkomsel mulai berulah dengan berbagai kebijakan yang menurut saya terkesan aneh bagi para penjual pulsa (reseller). Peraturan pertama yang saya rasa aneh adalah pemberlakuan cluster bagi para penjual pulsa. Jadi sebagai seorang penjual pulsa (reseller) dari kabupaten/kota A, kita tidak bisa melakukan order/pembelian ke dealer yang berada di kabupaten/kota lain. Mau tidak mau, akhirnya sayapun mengganti kartu dengan agak terpaksa.
Peraturan kedua yang saya rasa aneh adalah bagi para pemilik chip mkios yakni nomor chip mkios tidak akan aktif (tidak ada signal) jika berada di luar daerah (luar provinsi). Bahkan pemberitahuan ini tidak disampaikan oleh agen penjual chip mkios yang telah bekerja sama dengan telkomsel. Dan pihak telkomsel juga tidak proaktif  karena tidak pernah memberitahukan kepada para reseller mengenai peraturan aneh ini.
Hal ini saya ketahui ketika tahun lalu saya menghadiri kopdar blogger nusantara. Begitu menginjakkan kaki di bandara juanda surabaya saya begitu kaget karena handphone saya tertulis no signal. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana kepanikan yang saya rasakan ketika berada di bandara karena saya tidak bisa menghubungi panitia yang akan menjemput saya.
Peraturan ketiga yang saya anggap aneh adalah para penjual pulsa (reseller) yang menggunakan chip mkios dilarang menjual ke nomor yang berada di luar daerah karena jika melanggar chip kita akan dibanned. Hal ini saya ketahui beberapa hari yang lalu ketika hendak akan melakukan order pulsa.
Pihak agen kabupaten menegur saya karena menurut data yang mereka miliki bahwa chip saya melakukan pengisian pulsa ke luar daerah sebanyak 15 kali. Sayapun berkata kepada mereka bahwa saya selaku penjual pulsa tidak mengetahui dimana posisi nomor yang akan saya isikan pulsa berada. Namun oleh salah satu karyawan saya dianjurkan bertanya terlebih dahulu dimana nomor tersebut sekarang berada sebelum melakukan pengisian pulsa.
Peraturan ini bagi saya sangat aneh bahkan mungkin tidak masuk akal, masakkan untuk melakukan pengisian pulsa kita terlebih dahulu harus menanyakan dimana nomor yang akan diisikan pulsa berada?  Bukankah hal tersebut telah melanggar privacy bagi pemilik nomor telpon yang akan diisikan pulsa karena harus memberitahukan informasi dimana ia sedang berada?  Besok, entah apa lagi peraturan aneh dari telkomsel yang akan mereka keluarkan…

Sumber: http://eserzone.com/peraturan-aneh-telkomsel
Post a Comment