Peluang Bisnis

"Wisata Alam Terindah Di Kebumen"

pantai-menganti
KEBUMEN – Kalau soal pantai, Jawa Tengah memang nggak ada matinya. Satu lagi pantai cantik yang dapat kita singgahi dan nikmati keindahan alamnya. Ya, Pantai Menganti dengan karangnya yang terjal serta bukit yang keperak-perakkan dan keindahan alam disekelilingnya mampu mencuru perhatian wisatawan.
Kali ini Kecamatan Gombong menjadi persinggahan yang terpilih sebagai kota yang mengantarkan saya dan kawan saya ke sebuah pantai di wilayah Kebumen, Jawa Tengah. Memulai perjalanan dengan berburu tiket kereta api yang ternyata sudah out of sale. Bersabar, dag dig dug dan menanti, apakah bisa mendapatkan tiket untuk perjalanan. Dan, akhirnya kami dua lembar tiket KA Senja Utama Jogja dan berlabuh di Stasiun Gombong dengan disambut lagu Kupu-Kupu Kertas milik Ebiet G. Ade pada pukul 03.15 WIB.
Bertanya dan mengobrol memang sebuah kata kunci saat kita melakukan perjalanan. Seperti yang kami lakukan, sejak kaki-kaki kecil ini melangkah di sudut Stasiun Gombong, bermodal pertanyaan-pertanyaan kepada orang-orang yang kami temui meski awalnya kami sudah searching di internet sebelumnya. Dimulai dengan bertanya mengenai tempat penginapan sampai dengan petunjuk jalan menuju Pantai Menganti.
Setelah bertanya-tanya dan berunding, Hotel Dunia menjadi tempat yang kami pilih untuk sekadar meluruskan kaki dan bersih-bersih. Pukul 08.30 WIB kami kembali meluncur menuju sebuah pasar yang letaknya tidak jauh berseberangan dengan Stasiun Gombong dan Hotel Dunia.
Keesokan harinya, kami pun memulai perjalanan dengan berbekal info dari orang-orang sekitar. Dengan menaiki sebuah minibus 3/4 yang menuju Pantai Ayah (ngayah biasa mereka bilang). Sepanjang perjalanan dengan durasi lama perjalanan sekitar 1 jam, hamparan sawah dan rumah-rumah penduduk setia menemani. Transit sebentar di gerbang Gua Jatijajar yang kebetulan memang searah dengan Pantai Menganti. Sesampainya di simpang tiga Pantai Ayah, kami menganti alur perjalanan dengan menggunakan sarana transportasi berupa ojek. Oya, patut diingat harus pengojek yang berpengalaman lho. Soalnya trek menuju Menganti ini benar-benar luar biasa, berkelok, dan menukik tajam.
Memasuki gerbang Pantai Menganti, kami dapat free pass karena tukang ojek kami sudah kenal dengan penjaga gerbang. Sekitar 15 menit kami singgah melihat Menganti dari sudut di atas bukit yang dekat dengan pintu masuk. Sungguh luar biasa cantik birunya. Selanjutnya, pemandangan Menganti dari arah trek yang menurun menjadi suguhan yang cantik berpaduan dengan belaian angin yang menyapu wajah.
Tibalah waktunya menginjak Menganti dari sisi sejajar, pasir, bebatuan, dan pemandangan nelayan yang baru pulang melaut menjadi pemandangan khas. Kami memilih tidak menapaki lembutnya pasir putih di sana, langsung saja menuju bukit yang terdapat mercusuarnya. Garis cakrawala tampak begitu jelas bahwa lengkung busur langit dan teori bumi itu bulat.
Setelah beberapa lama menyusuri perbukitan, sampai juga kami di mercusuar. Kami menaiki menara suar tersebut bergantian. Perlu hati-hati menaikinya karena tangga suar ini sudah rapuh oleh karat. Sangat disayangkan, banyak yang tidak menjaga keindahannya, terlihat coretan dengan menggunakan spidol maupun tip-x ditubuh menara suar tersebut.
Badan sudah terasa letih dan kulit terbakar, mencari para tukang ojek yang tadi mengantar kami untuk kembali ke pertigaan Pantai Ayah. Tapi, kejutan menghampiri, ada warga sekitar yang menawarkan untuk mengantarkan kami menuju spot Menganti yang jarang didatangi pengunjung.
Kami di ajak menuju spot yang menyuguhkan pemandangan debur ombak dan karang yang menawan. Tidak menyesal sama sekali. Perpaduan hijaunya pepohonan, terjalnya karang, birunya laut berhiaskan ombak-ombak yang tenang, dan perahu-perahu nelayan yang bersandar rapi menjadi perpaduan yang sangat apik dan menawan.
Tak ada salahnyabila Pantai Menganti yang berlokasi di Kebumen, Jawa Tengah menjadi sasaran empuk untuk liburan Anda bersama keluarga dan teman. Keindahannya tak sangatlah cantik dan menawan.
ngannn
Rute : Kota Kebumen – Sokka – Dorowati (Lurus) – Klegenwonosari (Kanan) – Jogomertan (Kiri) – Gerbangsari (Kanan) – Ambil Arah Pantai Petanahan (Karanggadung) (Kanan) – Lurus Hingga Pantai Suwuk dan Pantai Karangbolong (Lurus) – Pasir (Lurus) – Karangduwur (Kiri) – Pantai





Post a Comment