Peluang Bisnis

"Penyakit Stroke : Penanganan dan Penyembuhannya"

 

Penyebab Stroke
beberapa penyebab stroke

Penyakit stroke sebenarnya merupakan gangguan kerja otak yang disebabkan adanya aliran darah ke otak yang bermasalah. Pada umumnya Stroke disebabkan oleh dua hal yaitu:
  • pembuluh darah yang tersumbat
  • pecahnya pembuluh darah.


Kebanyakan Orang orang tua yang terkena stroke biasanya diakibatkan oleh adanya pembuluh darah yang mengeras dan terjadinya penumpukan lemak pada pembuluh darah. Sedangkan Stroke pada masa remaja dan usia produktif biasanya akibat penggunaan narkoba, stress, gaya hidup yang tidak sehat, alkohol serta faktor keturunan.
Ada 2 macam penyakit stroke, yaitu:>
  1. Penyakit Stroke Ringan
  2. Penyakit Stroke Berat

Penyakit Stroke Ringan

Stroke ringan terjadi saat aliran darah tersumbat sehingga supplay darah ke otak berkurang. Gejala timbul adalah mirip dengan gejala stroke berat.
Penyumbatan aliran darah ini terjadi akibat adanya darah yang membeku. Setelah itu biasanya dalam waktu singkat darah akan kembali mengalir melalui arteri ataupun vena. Stroke ringan merupakan peringatan bahwa seseorang akan bisa terkena stroke berat.
Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan pengobatan sejak dini saat stroke ringan agar tak terkena stroke berat. Gejala stroke pada umumnya adalah kesemutan pada sebagian tubuh, susah untuk berbicara dan mengungkapkan pikiran, kesulitan dalam memahami apa yang diucapkan, pusing dan susah untuk belajar.

Pertolongan Pertama jika terjadi stroke

Jika mengalami serangan stroke, segera dilakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah penyebabnya bekuan darah atau perdarahan yang tidak bisa diatasi dengan obat penghancur bekuan darah.
Penelitian terakhir menunjukkan bahwa kelumpuhan dan gejala lainnya bisa dicegah atau dipulihkan jika recombinant tissue plasminogen activator (RTPA) atau streptokinase yang berfungsi menghancurkan bekuan darah diberikan dalam waktu 3 jam setelah timbulnya stroke.
Antikoagulan juga biasanya tidak diberikan kepada penderita tekanan darah tinggi dan tidak pernah diberikan kepada penderita dengan perdarahan otak karena akan menambah risiko terjadinya perdarahan ke dalam otak.
Penderita stroke biasanya diberikan oksigen dan dipasang infus untuk memasukkan cairan dan zat makanan. Pada stroke in evolution diberikan antikoagulan (misalnya heparin), tetapi obat ini tidak diberikan jika telah terjadi completed stroke.
Pada completed stroke, beberapa jaringan otak telah mati. Memperbaiki aliran darah ke daerah tersebut tidak akan dapat mengembalikan fungsinya. Karena itu biasanya tidak dilakukan pembedahan.
Pengangkatan sumbatan pembuluh darah yang dilakukan setelah stroke ringan atau transient ischemic attack, ternyata bisa mengurangi risiko terjadinya stroke di masa yang akan datang. Sekitar 24,5% pasien mengalami stroke berulang.
Untuk mengurangi pembengkakan dan tekanan di dalam otak pada penderita stroke akut, biasanya diberikan manitol atau kortikosteroid. Penderita stroke yang sangat berat mungkin memerlukan respirator (alat bantu bernapas) untuk mempertahankan pernafasan yang adekuat. Di samping itu, perlu perhatian khusus kepada fungsi kandung kemih, saluran pencernaan dan kulit (untuk mencegah timbulnya luka di kulit karena penekanan).
Stroke biasanya tidak berdiri sendiri, sehingga bila ada kelainan fisiologis yang menyertai harus diobati misalnya gagal jantung, irama jantung yang tidak teratur, tekanan darah tinggi dan infeksi paru-paru. Setelah serangan stroke, biasanya terjadi perubahan suasana hati (terutama depresi), yang bisa diatasi dengan obat-obatan atau terapi psikis.

Penyakit Stroke dan Penyembuhannya

Penyakit stroke dan penyembuhannya dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu, penyembuhan dengan menggunakan obat herbal, dengan menggunakan Obat medis, dan dengan menjalankan fisiotherapy

Penyembuhan Stroke dengan Herbal

herbal multi khasiat terapi pengobatan penyakit jantung liver kanker migrain stroke, stroke berat, stroke ringan, terapi penyakit stroke, obat penyakit stroke
Dalam hal ini adalah dengan menggunakan obat herbal Herbatama Max44 yang merupakan Fermentasi Sirsak, Kulit Manggis, Buah Sirsak dan Daun Insulin/Yakon ditambah dengan rempah-rempah yang masing-masing memiliki khasiat tinggi dalam melakukan pengobatan dan penyembuhan terhadap berbagai paenyakit kronis

Penyembuhan Stroke dengan Obat medis

Cara kedua yaitu penyembuhan dengan menggunakan obat-obatan medis dari dokter. Pengobatan dengan menggunakan bantuan obat-obatan medis harus secara continue dan terus-menrus di jaga kadar kolesterol jahat dalam darahnya.

Penyembuhan Stroke dengan menjalankan fisiotherapy

pengobatan penyakit stroke dengan fisioterapi dan obat herbal
Ketiga, dengan menjalankan fisiotherapy. Terapi ini adalah terapi untuk menjalankan dan mengembalikan kerja otot otot tubuh agar seperti kondisi semula. Fisiotherapi dilakukan oleh pasien yang didampingi instruktur. Terapi ini juga mengharuskan jadwal yang rutin dan disiplin. Pasalnya jika tidak dilakukan secara rutin akan menyebabkan kelumpuhan.
Penyakit stroke tingkat keberhasilannya bervariasi. Ada yang bisa sempurna dan ada yang hanya 50 persen saja. Presentase kesembuhan penyakit stroke ini tergantung pada kondisi serangan stroke. Selain itu ketekunan, keuletan dan kemauan penderita untuk sembuh juga turut menyumbang presentase kesembuhan penyakit stroke.
Selain itu semua dukungan keluarga penderita stroke terhadap penderita juga sangat penting. Dukungan ini sangat membantu proses penyembuhan penderita. Motivasi dan kehangatan kasih sayang keluarga tentu akan menimbulkan semangat penderita.

Penyakit Stroke dan Pencegahannya

Pencegahan penyakit stroke dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat, teratur berolahraga, mengurangi makan makanan yang berlemak, makanan cepat saji, tidak merokok dan minum alkohol.
Penanganan penyakit stroke membutuhkan perawatan yang segera. Istilah golden periode stroke adalah sebuah masa kurang dari 3 hingga 6 jam setelah serangan stroke. Waktu ini adalah masa yang paling efektif dari penanganan penderita stroke.
Pada masa ini komplikasi akan bisa ditangani jika mendapat perawatan yang tepat. Jika terdapat penderita stroke sebaiknya segera membawanya ke tempat pengobatan terdekat.
Artikel ini dikutip dari beberapa sumber:
– http://mulaisehat.com/penyakit-stroke-dan-penanganannya-serta-penyembuhannya/
– http://medicastore.com/stroke/Penanganan_Stroke.php
Post a Comment