Peluang Bisnis

SALAH PAHAM TERHADAP DO'A NABI SHALALLAHU 'ALAIHI WASALLAM


ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
SALAH PAHAM TERHADAP DO'A NABI SHALALLAHU 'ALAIHI WASALLAM
Diantara do'a Nabi shalallahu 'alaihi wasallam yang disalah pahami oleh kebanyakan orang adalah :
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﺣﻴﻨﻲ ﻣﺴﻜﻴﻨﺎ ﻭﺍﻣﺘﻨﻲ ﻣﺴﻜﻴﻨﺎ ﻭﺍﺣﺸﺮﻧﻲ ﻓﻲ ﺯﻣﺮﺓ ﺍﻟﻤﺴﺎﻛﻴﻦ
" Ya Allah hidupkanlah aku dalam keadaan MISKIN, matikan aku dalam keadaan MISKIN, dan kumpulkan aku (pada hari kiamat) dalam rombongan orang-orang miskin" (HR. Ibnu Majah : 4126, As-Shahihah no. 308 ‏)
Maksud miskin dalam hadits diatas bukanlah miskin dalam arti tidak punya harta, tapi miskin yang dimaksud adalah Khusyu' dan tawadhu' atau tunduk, rendah hati .
Imam ibnul Atsir rahimahullah berkata, "Ya Allah hidupkanlah aku dalam keadaan miskin, maksud miskin dalam hadits ini adalah At-Tawadhu' (rendah hati) dan Al-Ikhbat (khusyu') dan tidak termasuk orang-orang sombong dan takabbur." (An-Nihayah Fi Gharibil Hadits 2/385 ‏)
Ibnu Mandzur rahimahullah berkata, "Asal arti miskin secara bahasa adalah khãdhi' (orang yang tunduk) dan asal arti faqir adalah orang yang butuh..." (Lisanul Arab 2/176 ‏)
Oleh karena itu Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam dalam salah satu doa nya beliau minta perlindungan dari kefaqiran dan kekurangan .
Dari Abu Hurairah radhiyyallahu 'anhu berkata, bahwa Nabi shalallahu alaihi wasallam berdo'a :
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﻧﻲ ﺍﻋﻮﺫﺑﻚ ﻣﻦ ﺍﻟﻔﻘﺮ ﻭﺍﻟﻘﻠﺔ ﻭﺍﻟﺬﻟﺔ ﻭﺍﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﺍﻥ ﺍﻇﻠﻢ ﺍﻭ ﺍﻇﻠﻢ
" Ya Allah sesunguhnya aku berlindung kepadamu dari kefaqiran, kekurangan, kehinaan, dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari aku berbuat dzalim (kpada orang lain) atau aku didzalimi (orang lain)." (HR. Abu Dawud : 1544 ‏)
Mulai sekarang jangan takut lagi mengamalkan doa Nabi shalallahu 'alaihi wasallam Allahumma ahyini miskinan wa amitni miskinan wah syurni fi zumratil .....masakin
ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ .
✒ Oleh : Al-Ustâdz Abû Ghazî Safrudin bin Yamin As-Sundawî Hafizhahullâh
Editor : Permata Sunnah

0 Response to "SALAH PAHAM TERHADAP DO'A NABI SHALALLAHU 'ALAIHI WASALLAM"