Adab Menuntut Ilmu ( Bagian 1)

Assalamu’alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh_*

 *PBSI*Assalamu’alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh_*

 *
📜Program Bimbingan Studi Islam
Edisi                 : 176
Judul                : ADAB
Sub Judul       : Adab Menuntut Ilmu ( Bagian 1 )
===📚===

1. Ikhlas karena Alloh semata dan dalam rangka menjalankan perintah-Nya serta menyingkirkan kebodohan. Tidak bertujuan untuk mencari materi, gelar, prestise dan kesenangan dunia lainnya. Penuntut ilmu yang tidak ikhlas, tidak akan mendapat ilmu yang bermanfaat, bahkan tidak dapat mencium harumnya surga.
2. Senantiasa berdoa agar Allohlmemberi ilmu dan pemahaman yang benar.
3. Menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat, karena seseorang akan terhalang dari ilmu yang bermanfaat jika banyak melakukan dosa dan maksiat.
4. Menghormati guru atau ustadz yang menyampaikan ilmunya, dengarkan baik-baik dan diam serta berusaha memahami ilmu syar’i yang disampaikan. Tidak boleh ngobrol atau berbicara tanpa ada keperluan yang mendesak.
5. Tidak boleh berlaku sombong dan merasa sudah alim sehingga membuatnya tidak mau menerima kebenaran, juga tidak boleh malu bertanya dalam menuntut ilmu. Kedua sifat tersebut hanya akan menyebabkan penuntutnya tidak akan mendapatkan ilmu.
6. Dalam mengajukan pertanyaan kepada guru, maka hendaklah seseorang tidak bertanya dengan pertanyaan yang sengaja dibuat-buat dan dipaksakan, seperti menanyakan hal yang sudah kita ketahui jawabannya yang tujuany mencari kelemahan sang guru atau untuk menampakkan kehebatan diri yang telah mengetahui masalah tersebut, atau menayakanya dengan suatu pertanyaan yang tidak terjadi.


_Demikian materi yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat._
*_Wasalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh_*

===📚===
✉️ “Monggo dskusi anda terkait materi agama Islam ini sangat-sangat kami harapkan dan sangat kami hargai, kirimkan komentar atau pertanyaan anda seputar materi ini  ke kolom komentar
Sumber Pbsi ikhwan Hasmi
Posting Komentar